5 Keuntungan Investasi Pertanian yang Belum Banyak Orang Tahu


Investasi pertanian merupakan jenis investasi yang layak dipertimbangkan, mengingat terdapat sekitar 41% warga Indonesia yang bekerja di bidang pertanian. Pemanfaatan potensi di bidang pertanian memang belum maksimal, namun seharusnya hal tersebut membuat lebih banyak orang mulai melakukan investasi pertanian. Meskipun belum dimanfaatkan dengan optimal, investasi pertanian membawa banyak keuntungan. Apa saja keuntungan investasi pertanian yang belum banyak diketahui orang? Temukan jawaban lengkapnya melalui informasi di bawah ini!

Tingkat keamanan modal dan risiko

Keuntungan investasi pertanian yang pertama adalah tingkat keamanan modal yang tinggi serta tingkat risiko yang rendah. Banyak orang ragu berinvestasi karena risiko kerugian yang tinggi. Melalui investasi pertanian, kamu bisa merasa lebih aman. Investasi pertanian bisa menjadi jawaban bagi kamu yang lebih peduli terhadap keamanan modal di dalam periode gejolak pasar yang mungkin dirasa cukup mengkhawatirkan.

Investasi pertanian didukung oleh aset solid dalam pasokan terbatas yang nilainya tidak mungkin turun. Secara historis, investasi pertanian memperlihatkan karakteristik perlindungan modal yang kuat selama periode waktu yang lama. Tidak seperti investasi pada sumber daya lainnya seperti pertambangan maupun minyak & gas, lahan pertanian yang dikelola dengan baik bisa menjadi sumber daya yang sepenuhnya terbarukan dan akan tetap produktif selamanya.

Berkorelasi positif dengan inflasi

Sebagai kelas aset agregat, lahan pertanian telah terbukti memiliki korelasi positif dengan inflasi. Secara historis, nilai-nilai tanah pertanian umumnya meningkat lebih cepat dibanding inflasi, membuat tanah pertanian menjadi pelindung nilai inflasi yang efektif dan bisa membuat modal lebih aman. Keuntungan ini mungkin menarik bagi investor yang khawatir terhadap inflationary government policies atau kebijakan pemerintah inflasi (kenaikan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap jumlah uang beredar dan monetisasi utang pemerintah).

Aset penghasil pendapatan yang stabil

Tidak seperti inflationary hedges (lindung nilai inflasi) populer lainnya seperti logam mulia, lahan pertanian dapat memberikan pendapatan reguler kepada investor, menjadikannya pengganti yang berguna bagi pendapatan “bebas risiko” yang hilang pada deposito tunai dan obligasi karena suku bunga rendah. Aset riil pertanian menawarkan tingkat pendapatan yang dapat diandalkan di atas 5% setiap tahun.

Meskipun investasi pertanian tidak selalu menghasilkan pendapatan tertinggi dalam sektor real estate, namun pendapatan yang kamu peroleh dari investasi pertanian tidak mungkin terdepresiasi nilainya. Investasi pertanian juga menawarkan potensi pertumbuhan modal yang kuat dan tingkat hunian penyewa mendekati 100% (tidak seperti properti komersial, permintaan kualitas lahan pertanian selalu tinggi, terlepas dari lingkungan ekonomi).

Investasi lahan pertanian memberikan volatilitas pendapatan yang lebih rendah

Dengan memasukkan tanah pertanian dalam portofolio aset campuran, investor dapat mengurangi kemungkinan kekurangan pendapatan selama periode ketika aset lain mungkin menghasilkan sedikit atau tanpa pendapatan. Keuntungan ini khususnya dapat dirasakan dalam model penyewaan lahan pertanian.

Sementara tren kenaikan jangka panjang dalam harga komoditas pertanian ditangkap dalam apresiasi modal aset (yang mungkin lebih fluktuatif). Sewa tetap memiliki efek memperlancar volatilitas siklus jangka pendek dalam harga komoditas karena risiko harga input dan output ditanggung oleh petani penyewa, bukan pemilik tanah.

Investasi lahan pertanian menghasilkan pengembalian total yang tinggi

Investasi lahan pertanian menangkap pengembalian operasi dan modal melalui kombinasi pendapatan sewa dan apresiasi nilai aset. Secara historis, total hasil dari lahan pertanian telah berulang kali mengungguli aset utama termasuk saham, obligasi, dan real estate komersial di berbagai pasar dan skala waktu, meskipun tingkat risikonya relatif rendah (diukur berdasarkan standar deviasi tingkat pengembalian tahunan).

Itulah beberapa keuntungan investasi pertanian yang belum banyak orang tahu. Dengan mengetahui keuntungan-keuntungan investasi pertanian yang disebutkan di atas, tidakkah kamu tertarik untuk memulai investasi pertanian sekarang?