Perkembangan Infrastruktur di Indonesia Komitmen dengan Jepang


Infrastruktur adalah aspek yang paling penting dalam pembangunan suatu negara. Agar proses pembangunan infrastruktur berjalan dengan efektif, maka diperlukan adanya kerjasama, baik itu dengan mitra dalam maupun luar negeri. Indonesia telah menjalin kerjasama dengan berbagai negara di dunia untuk pembangunan fasilitas publik, salah satunya adalah kerjasama dengan Jepang. Hubungan kerjasama antara Indonesia dan Jepang sudah berjalan selama lebih dari 60 tahun. Investasi yang diberikan oleh Jepang tentunya memberikan perkembangan terhadap infrastruktur di Indonesia.

Perkembangan Investasi Infrastruktur di Indonesia

Duta Besar Jepang untuk Indonesia berkomitmen untuk mempertahankan kerjasamanya dengan Indonesia melalui kontribusi dalam aspek pembangunan dan ekonomi yang dikemukakan pada pidato Pembukaan Simposium Bisnis dan Teknologi Jepang di Jakarta tanggal 8 Mei 2018 lalu. Hal ini dibuktikan dengan adanya pembangunan MRT di Indonesia yang dibuat persis dengan MRT yang ada di Jepang. Untuk tenaga kerjanya, tentu akan memanfaatkan sumber daya manusia yang ada di Indonesia.

Pada acara Simposium tersebut, Indonesia dan Jepang mengulas perjalanan kerjasamanya selama 60 tahun. Jepang semakin mempertahankan kontribusinya untuk Indonesia sejak adanya krisis ekonomi, era reformasi, dan berbagai bencana alam yang terjadi di Indonesia. Investasi yang diberikan oleh Jepang memberikan pengaruh besar untuk Indonesia, sehingga Indonesia pun ikut mempertahankan kerjasama tersebut. Kita pun bisa melihat bagaimana kontribusi Jepang untuk negara lain di dunia yang memberikan dampak besar terhadap kemajuan negara tersebut, terutama di bidang ekonomi.

Menurut Kepala Balitbang Kementerian PUPR, Danis H Sumadilaga, kerjasama antara Indonesia dan Jepang tidak hanya memberikan dampak positif pada pembangunan infrastruktur fisik saja, tetapi adanya peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam negeri, ahli teknologi, serta melahirkan institusi baru yang belum ada di Indonesia. Ini dibuktikan dari adanya pembangunan infrastruktur berupa bendungan di wilayah Jawa Timur pada tahun 1960 sampai 1970. Pada masa tersebut, para insinyur lokal memiliki kemampuan yang semakin meningkat. Selain itu, lahir pula beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya air, yaitu Perum Jasa Tirta 1 dan PT Indra Karya.

Nilai kerjasama pembangunan infrastruktur yang dijalin antara Indonesia dan Jepang untuk saat ini adalah sebesar USD 1,1 miliar. Ini merupakan nilai yang besar untuk membangun berbagai fasilitas publik di Indonesia. Pembangunan infrastruktur lainnya adalah pembuatan Sabo Dam yang berfungsi untuk menahan aliran banjir dari dampak erupsi gunung berapi di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.

Yogyakarta menjadi pusat riset dan pengembangan teknologi Sabo sehingga dibentuk Balai Sabo di wilayah tersebut. Bahkan saat ini jumlah Sabo Dam yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia adalah sebanyak 646. Infrastruktur lainnya yang berhasil dibangun di Indonesia, antara lain Bendungan Selorejo (1963-1972), Bendungan Lahor (1972-1977), Bendungan Wlingi (1972-1979), dan Bendungan Karangkates (1975-1977).

Masih banyak pembangunan infrastruktur lainnya yang dilakukan atas kerjasama Indonesia dan Jepang. Untuk pembangunan jalan tol dan Jakarta Sewarege System akan memanfaatkan sistem kerjasama tersebut, karena Jepang dinilai berpengalaman untuk membangun jalan tol dengan terowongan terpanjang sehingga diharapkan adanya peralihan pengetahuan dan teknologi bagi Indonesia dengan membentuk suatu training center yang dikhususkan untuk pembuatan terowongan. Infrastruktur yang telah dibangun di Indonesia tersebut diharapkan bisa memberikan dampak yang positif untuk kelangsungan hidup masyarakat Indonesia.

Sumber:
tribunnews.com/nasional/2018/05/15/pembangunan-infrastruktur-indonesia-jepang-tingkatkan-kemampuan-tenaga-ahli-konstruksi-indonesia
wartaekonomi.co.id/read181019/napak-tilas-60-tahun-kerja-sama-infrastruktur-indonesia-jepang.html
liputan6.com/bisnis/read/3526095/kerja-sama-ri-dan-jepang-sudah-berjalan-60-tahun-apa-hasilnya
internasional.metrotvnews.com/asia/yNLddMyN-komitmen-jepang-terus-bantu-pembangunan-infrastruktur-indonesia
medcom.id/internasional/asia/yNLddMyN-komitmen-jepang-terus-bantu-pembangunan-infrastruktur-indonesia
properti.kompas.com/read/2018/05/14/150415321/investasi-jepang-pengaruhi-pembangunan-infrastruktur-indonesia